Energi minimal itu semacam bayangan jati diri individu

Twitter Facebook Feedburner Google +1 youtube

Assalamualaikum kawan..

Sedikit saya akan berbagi sedikit ilmu (teori) yang pernah saya pelajari di bangku perkuliahan seputar pemeliharaan bantalan atau bahasa teknik umum disebut Bearing. Turbin uap memiliki dua jenis bantalan yaitu bantalan journal aksial (Journal Bearing ). Dan bantalan aksial (Thrust Bearing). Pemeriksaan  dan  pemeliharaan  pada  bantalan-bantalan  ini  dilakukan  baik  pada Simple Inspection, Mean Inspection maupun Serious Inspection.Untuk pemeriksaan bantalan journal, bantalan tersebut dikeluarkan dari housingnya.Karena pada Simple Inspection tidak dilakukan pengangkatan rotor, maka untuk sementara, yaitu ketika bantalan journal dikeluarkan dari posisinya, rotor harus ditopang oleh shaft raising gear.

Alat ini diperlukan agar tidak terjadi benturan antara rotor dengan casing. Bearing housing dan bearing sebelah atas dibuka terlebth dahulu, kemudian rotor diangkat (setelah upper casing dibuka) atau rotor ditopang oleh  shaft raising gear, disusul dengan membuka bearing sebelah bawah. Sebelum bearing dibersihkan, catat kondisinya, misalnya jenis kotoran yang melekat pada bearing dan adanya kerak pada lobang laluan minyak. Bersihkan  seluruh bagian  bearing dengan cleaner/solvent  yang  tidak  menimbulkan karat, bila perlu bersihkan punggung bantalan dengan batu asah halus, dilap dengan kain yang tidak berbulu dan dihembus dengan udara kering serta bersih.

Pemeriksaan yang perlu dilakukan diantaranya :
  • Pengukuran clearance
  • Bekas kontak/gesekan antara journal dengan bearing
  • Goresan-goresan pada permukaan babbit (White Metal).
  • Babbit yang terkelupas
  • Keretakan (gunakan dye penetrant)
  • Cacat cathodic.
Apabila pemeriksaan dan perbaikan sudah dilakukan maka bantalan journal siap untuk dipasang kembali.Apabila dalam pemasangan diperlukan  martil, gunakanlah  martil karet atau batang bronze lunak yang ujungnya dibulatkan. Pemeriksaan dan pemeliharaan yang sama seperti pada journal bearing dilakukan juga pada thrust bearing (bantalan aksial). Ukur juga ketebalan babbit dan yakinkan bahwa  semua  pads  dapat  bergerak  bebas  sehingga  selalu  dapat  bersinggungan secara merata terhadap collar.
Journal Bearing

Thrust Bearing
Shaft Raising Beam







1 Komentar untuk "PEMELIHARAAN BANTALAN (BEARING) TURBIN UAP"

  1. Rahmad Azly Says:

    Bagaimana jika jenis bearing yang dibutuhkan tidak tersedia, bagaimana mencari persamaan dari bearing tersebut?

    Thanks

Leave a Reply