Energi minimal itu semacam bayangan jati diri individu

Twitter Facebook Feedburner Google +1 youtube

Sahabat, pernah kah kalian mendengar kata PLTS, pastinya sering kan? atau bahkan baru pertama kali mendengarnya? hehe

Baiklah sedikit berbagi dan belajar untuk menulis, PLTS menurut Ensiklopedia bebas alias wikipedia.org Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) adalah pembangkit listrik yang mengubah energi surya menjadi energi listrik. PLTS merupakan  teknologi  yang  ramah lingkungan  dan  menggunakan  bahan  bakar  terbarukan  (matahari). Selain persediaannya tanpa batas, tenaga surya nyaris tanpa dampak buruk terhadap lingkungan dibandingkan bahan bakar lainnya.

+ Apa itu kak energi terbarukan?

- Secara sederhana, energi terbarukan didefinisikan sebagai energi yang dapat diperoleh ulang (terbarukan) seperti; sinar matahari dan angin. Sumber energi terbarukan adalah sumber energi ramah lingkungan yang tidak mencemari lingkungan dan tidak memberikan kontribusi terhadap perubahan iklim dan pemanasan global seperti pada sumber-sumber tradisional  lain. Ini adalah alasan utama mengapa energi terbarukan sangat terkait dengan masalah lingkungan dan ekologi di mata banyak orang.

Indonesia sendiri selain dikarenakan faktor-faktor yang disebutkan diatas, masih ada lagi faktor  lain  yang  menyebabkan  PLTS  diminati  di  Indonesia.  Seperti  diketahui  bersama bahwasanya Indonesia merupakan Negara Kepulauan yang luas dan perkembangan tiap daerah serta sumber daya alam yang tidak merata, sehingga PLTS merupakan salah satu alternatif yang diminati. Adanya faktor-faktor di atas mengakibatkan terciptanya daerah- daerah yang belum terlistriki dan sukar dijangkau untuk dilistriki oleh PLN, sehingga rasio elektrifikasi di Indonesia masih relatif rendah. Upaya untuk meningkatkan rasio elektrifikasi sudah  dilakukan  dengan  banyaknya  dibangun  pembangkit-pembangkit  baru,  namun ternyata hal tersebut belum cukup dikarenakan luasnya  wilayah Indonesia dan adanya daerah-daerah yang tidak mempunyai sumber daya alam serta sukar dijangkau.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) menjadi salah satu solusi tepat untuk melistriki daerah-daerah yang tidak mempunyai sumber daya  alam dan sukar dijangkau. Hal ini dikarenakan bahan baku dari PLTS adalah matahari yang mana di setiap daerah pasti adanya, dikarenakan Indonesia merupakan daerah tropis, serta kelebihan lainnya adalah bahwa PLTS dapat mandiri (langsung pakai), dapat masuk ke grid (PLN) dan juga dapat berkolaborasi dengan pembangkit lainnya. Dengan dibangunnya pembangkit-pembangkit PLTS ini maka rasio elektrifitasnya akan meningkat semakin baik.

Jangan lupa komentarnya ya kawan..

No comments for "PLTS YANG RAMAH LINGKUNGAN, BENARKAH?"!

Leave a Reply